Ciri Ciri Mata Rabun Jauh

By | May 11, 2018

Ciri Ciri Mata Rabun Jauh – Mata adalah salah satu indra makhluk hidup khususnya manusia yang berfungsi sebagai indra penglihat, mata merupakan organ tubuh yang memiliki keterkaitan dengan cahaya dimana dari organ tubuh lain hanya mata yang dapat melihat cahaya sehingga dapat membedakan gelap dan terang mata juga dapat berfungsi melihat warna-warna dan objek lain.

Fungsi mata juga seperti organ-organ yang lain, terkadang mata juga memiliki gangguan baik melalui gen maupun karena pola kesehatan tidak baik , mata juga rentan terkebna penyakit. Berikut adalah penyakit yang biasanya menyerang mata :

  1. Konjungtivis

Penyakit konjungtivis ini adalah penyakit mata dimana mata mengalami iritasi sehingga mata menjadi tampak kemerah-merahan.

  1. Kerabunan

Kerabunan atau yang biasa disebut penyakit rabun ini, terbagi menjadi dua yaitu rabun dekat dan rabun jauh dimana penderitanya mengalami gangguan pada mata berupa melihat benda atau objek yang berada di dekat ataupun di kejauhan.

  1. Presbiopi

Penyakit yang hampir sama dengan rabun jauh dan dekat, karena penyakit presbiopi ini merupakan gabungan dari rabun jauh dan dekat.

  1. Buta warna

Penderita mengalami kesulitan dalam membedakan warna–warna tertentu seperti membedakan warna hijau dengan biru.

  1. Mata belekan

Ciri mata belekan adanya cairan kental yang keluar dari mata sehingga penderita mengalami kesulitan membuka mata karena mata terasa menempel antara kelopak mata atas dengan bawah.

  1. Degenerasi manula

Degenerasi manula adalah penurunan fungsi organ yang berada dibagian belakang mata , sehingga mata mengalami gangguan pada saat mengirimkan sinyal atau objek gambar dari otak.

  1. Katarak

Orang yang terjangkit penyakit mata katarak ini pada lensa matanya menjadi keruh dan seperti terdapat bitik-bitik putih pada lensa matanya sehingga mengakibatkan gangguan pada penglihatan dan jika dibiarkan dapat mengakibatkan kebutaan permanen.

  1. Glukoma

Glukoma adalah penyakit yang dapat menyerang saraf optik sehingga penderita terkadang tidak bisa melihat waktu tertentu. Glukoma ini terjadi karena terdapat tekanan tinggi pada bagian mata.

  1. Koratis

Koratis adalah penyakit yang dapat menyerang kornea mata dan terdapat bitik putih di kornea mata. Terjadi karena adanya infeksi pada mata karena jamur, virus dan bakteri.

Penyebab rabun jauh

Terdapat dua faktor yang dapat menyebabkan rabun jauh :

  1. Faktor keturunan yaitu penurunan penyakit dari orang tua penderita, ini berarti orang tua penderita tersebut juga memiliki rabun jauh pada matanya.
  2. Faktor lingkungan yaitu faktor yang terjadi dimana terdapat kesalahan dalam kehidupan sehari-hari seperti membaca, menonton televisi, bermain komputer terlalu lama.

Ciri-ciri rabun jauh

Kondisi yang dirasakan oleh penderita rabun jauh dapat dirasakan dari usia sekolah sampai usia dewasa seperti yang dipaparkan dibawah ini :

  1. Sering menggosok mata

Penderita rabun jauh biasanya akan sering dalam menggosok matanya dikarenakan penderita akan merasakn gangguan dalam penglihatannya sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman dalam melihat objek tertentu.

  1. Sakit kepala saat mata bekerja berlebihan

Orang yang menderita rabun jauh kondisi matanya tidak akan sama dengan orang yang matanya normal. Sehingga jika penderita rabun jauh memaksakkan matanya untuk bekerja secara berlebihan atau menfotsir matanya dalam bekerja tentu hal ini sangat membuat mata bekerja ekstra hingga penderita akan mengalami sakit kepala dimatanya.

  1. Frekuensi mengedipkan mata secara berlebihan

Penderita rabun jauh akan sering melakukan kedipan matanya karena penderita rabun jauh akan merasakan tidak jelasnya suatu penglihatan.

  1. Pandangan kabur saat melihat objek yang jauh

Penderita rabun jauh akan merasakan bahwa pandangannya terhadap suatu objek akan kabur jika melihat objek yang berada kejauhan. Contohnya kesulitan melihat tulisan yang berada di papan tulis jika penderitanya duduk di bagian belakang dan berada jauh dari papan tulis. Penderita akan kesulitan membaca sehingga biasanya penderita rabun jauh akan sering menyipitkan matanya ketika melihat tulisan yang berada di papan tulis.

  1. Tidak menyadari objek yang jauh

Kondisi ini menyadari akan adanya objek jauh tentu akan terjadi pada penderita rabun jauh. Jika dibiarkan hal ini dapat berbahaya karena jika penderita rabun jauh mengendarai kendaraan akan sulit melihat pengendara lain yang berada di kejauhan.

Mengatasi Masalah Rabun Jauh

Untuk mengatasi rabun jauh agar penderita tetap dapat melihat secara normal :

  • Operasi sinar laser

Operasi laseer ini bisa menjadi pengobatan secara alternatif. Laser yang digunakan adalah laser apithelial keratomileusis (LASEK), laser in situ keratectomy (LASIK) ,dan photorefractive kerectomy(PRK).

  • Penggunaan kacamata atau lensa

Penggunaan ini se4suai dengan kenyamanan penderitanya dan yang paling penting adalah selalu menjaga agar terhindar dari infeksi.

  • Implantasi lensa buatan

Cara yang ditempuh jika menggunakan laser gagal, yaitu dengan memaksakan lensa buatan tanpa menghilangkan lensa asli.

Selain melakukan beberapa cara mengatasi rabun jauh diatas anda juga bisa mengobati rabun jauh dengan menggunakan obat rabun jauh dari Sehat Mata Softgel yang terbuat dari bahan alami.

Demikian informasi mengenai ciri ciri rabun jauh beserta cara mengatasinya, semoga menjadi ilmu serta bermanfaat !!! Amin

Posted by : Obat Rabun Jauh 100% Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *